Mengenal Option Explicit dan Dim
Mengenal Option Explicit dan Dim
Access dengan VBA-nya itu unik, kode programnya bisa kita susun dengan pengolahan variabel yang didefinisikan terlebih dahulu, atau tidak perlu.

Ada keunikan VBA yang juga di pergunakan di MS Access tentang ketentuan penggunaan variabel. Variabel adalah pesanan tempat di memori untuk menyimpan nilai tertentu, sehingga kita bisa memanggilnya kembali dalam badan program untuk dilakukan operasi logika pemrograman.
Perhatikan kode berikut:

Kita mendefinisikan variabel a dengan langsung memberikan data kepadanya. Jadi VBA akan memesan di memori suatu tempat untuk variabel a, dengan data numerik 10. Sekarang data variabel a adalah angka 10.

Di baris berikutnya, kita memasukkan data teks ke dalamnya, yaitu data "sepuluh". Tipe data ini berbeda dengan nilai yang disimpan sebelumnya. Tetapi VBA tidak memberikan pesan error apa-apa, berarti instruksi ini sah dan bisa dijalankan. Terbukti dengan baris berikutnya, jika kita memeriksa immediate window, data "sepuluh" tercetak.

Ini adalah model keunikan VBA. Kita bisa membuat variabel apa saja, mengisi nilainya dengan tipe apa saja, dan menggunakannya dalam kode logika pemrograman kita.

Untuk aplikasi sederhana dengan kode yang pendek-pendek, penggunaan variabelnya tidak banyak dan tidak sering, cara ini sangat praktis. Memudahkan dan tidak bertele-tele. Tetapi bayangkan jika aplikasi sudah berkembang menjadi besar dan semakin kompleks, resiko kesalahan data juga semakin besar. Bisa saja kita mengubah data dalam variabel dengan tipe yang berbeda dengan kandungan sebelumnya. Misalkan tipe numerik kita timpa dengan tipe teks, akan menyebabkan kode berisi perhitungan dibawahnya akan menjadi salah atau bahkan error.

Perhatikan lagi kode berikut:

Jika mata tidak jeli, seperti tampak tidak ada yang salah dari kode di atas, tetapi hasilnya tidak benar. Ternyata kita typo menulis variabel "kelas" menjadi "keles". Nilai 'kelas' adalah 3, tetapi berapa nilai keles sebenarnya ? Variabel yang tidak didefinisikan terlebih dulu maka akan diperlakukan sebagai variant, dan default nilainya adalah null. Akibatnya eksekusi kode diatas menjalankan bagian else, karena nilai keles (null) bukan 3.


Kita bisa menjaga kesalahan ini terjadi dengan cara memberitahu VBA di setiap modulenya untuk mewajibkan pendefinisian variabel secara explisit. Deklarasikan variabel dengan diawali keyword Dim, diikuti nama variabel, lalu sertakan tipenya. MS Access akan memberitahu kita dengan menampilkan message box jika ada variabel yang typo atau belum didefinisikan.

One thought on “Mengenal Option Explicit dan Dim

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to Top